Cara Mengatasi Pegal Betis

Bila Anda punya kegiatan yang padat dan berat, keluhan betis pegal barangkali menjadi keliru satu keluhan paling kerap dialami. Selain buat kaki menjadi merasa sakit, betis pegal termasuk buat kaki merasa kram dan sulit untuk bergerak. Untuk mencegah perihal yang tidak diinginkan terjadi, cari mengerti cara menanggulangi betis pegal merupakan keliru satu solusinya.

Namun, sebelum Anda mengerti cara menanggulangi betis pegal, ada baiknya kalau Anda mengerti lebih-lebih dahulu penyebab betis pegal. Dijelaskan oleh dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, ada tiga segi yang paling kerap mengakibatkan betis pegal, yakni:

1. Kram Otot
Kram otot terhadap bagian betis merupakan penyebab betis pegal yang paling lazim terjadi. Biasanya, kondisi ini sanggup berjalan kala Anda sedang olahraga. Misalnya, disaat Anda sedang dehidrasi atau tidak melaksanakan pemanasan dan pendinginan kala olahraga.

2. Otot Tegang Cara Pakai Koyo yang Lebih Mantap Menghilangkan Pega
Otot tegang tidak cuma berjalan terhadap bagian leher, namun termasuk terhadap bagian kaki. Otot tegang kebanyakan disebabkan sebab ada sobekan di lebih dari satu atau seluruh serabut otot. Gejalanya pun bervariasi, ada yang tiba-tiba merasakan sakit, dan ada termasuk yang merasa tegang dan sulit untuk digerakan.

3. Varises
Tidak cuma menimbulkan garis biru terhadap permukaan betis Anda, namun varises termasuk sanggup menimbulkan rasa pegal terhadap bagian betis. Varises merupakan pembuluh darah yang membesar dan kerap kali menonjol, agar mudah untuk terlihat.

Varises yang berkembang dapat memungkinkan darah untuk sulit mengalir agar sanggup menimbulkan dampak nyeri, kram otot dan betis pegal.

Hal di atas merupakan tiga segi paling lazim yang mengakibatkan seseorang mengalami betis pegal. Untuk menanggulangi perihal tersebut, adapun lebih dari satu cara yang sanggup Anda melaksanakan seperti:

Kompres Es Batu
Mengompres bagian yang pegal bersama dengan manfaatkan air es atau es batu. Menurut dr. Theresia Rina, sifat dingin dari es sanggup melemaskan otot-otot yang tegal selama betis pegal, dan selanjutnya buat betis menjadi merasa lebih rileks.

“Ambil dua hingga tiga es batu, lalu balutkan terhadap kain dan kompres bagian betis Anda yang merasa pegal. Lakukan perihal ini selama 10 hingga 15 menit, lalu memandang hasilnya,” ujar dr. Theresia Rina terhadap KlikDokter.

Artikel Lainnya: Sakit Betis, Cari Tahu Penyebabnya di Sini

Rendam Air Hangat distributor dan agen minyak kutus kutus
Selain mengompres bersama dengan es batu, Anda termasuk sanggup mencelupkan kaki ke didalam seember air hangat dan mendiamkannya selama 20 menit. Anda termasuk sanggup menaburkan sea salt ke didalam seember air hangat untuk menolong mengendurkan otot terhadap betis pegal.

Peregangan
Peregangan termasuk sanggup menjadi cara lainnya yang Anda melaksanakan untuk menanggulangi betis pegal. “Anda diminta untuk mengangkat kaki Anda di atas tembok, lalu diamkan selama lebih dari satu menit, sesudah itu turunkan sambil Anda pijit-pijit. Jika betis tetap merasa pegal, melaksanakan cara yang mirip hingga betis merasa lebih rileks,” mengerti dr. Theresia.

Istirahat yang Cukup
Ada mesti beristirahat sesegera barangkali setelah Anda mengalami betis pegal. Cobalah untuk menghambat berjalan dan melaksanakan gerakan didalam 23 jam pertama untuk menjauhi terjadinya betis pegal yang berlanjut.

Baca Juga
Pertolongan Pertama Saat Terjadi Cedera Hamstring
Pijat untuk Cedera Sendi, Apakah Aman dan Efektif?
7 Penyebab Cedera Olahraga yang Perlu Diwaspadai
Oleskan Krim/Salep
“Ada banyak krim untuk betis pegal yang dijual di pasaran. Anda sanggup mengoleskan krim berikut terhadap bagian betis yang pegal, dan diamkan selama lebih dari satu menit. Gunakan krim ini sebanyak dua kali didalam sehari setelah mandi untuk mempercepat penyembuhan,” jadi dr. Theresia Rina.

Apabila cara-cara di atas tidak meringankan kondisi betis pegal yang dirasakan, cobalah memeriksakan perihal ini ke dokter. Hindari mengurut betis pegal sebab sanggup berjalan kesalahan otot kala pengurutan terjadi. Jika dokter memperbolehkan, maka carilah tukang urut yang udah profesional dan tidak abal-abal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *